Belajar Membuat Sistem Informasi PHP – Part 4

Selamat datang di website sistemit.com, pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan artikel belajar membuat sistem informasi sebelumnya yang mana artikel sebelumnya kita sudah berhasil membuat desain sederhana halaman admin. Nah. Penting untuk diingat bahwa belajar membuat sistem informasi tak semudah belajar programming seperti biasa.

Intermezzo / Selingan
Namun kita harus mulai membiasakan diri untuk berfikir cepat dan logis namun juga berfikir cantik. Kenapa saya katakan di sini berfikir cantik? Karena bagaimanapun sistem informasi yang dibuat itu tidak hanya terpaku pada teknologi pemrograman yang digunakan. Tetapi proses yang ada pada suatu sistem informasi itu juga harus memenuhi kebutuhan user. Hal ini yang sering kali di lewatkan oleh programmer. Membuat dengan secanggih mungkin tanpa memperhatikan kehendak user sebenarnya atau kehendak pembeli yang sebenarnya.

Anda google ?? Coba bandingkan dengan pesaingnya seperti bing, yahoo search, dan search engine lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. karena saya juga gak hafal. Hehehe. Kalau kita lihat dari semua itu google lah yang memiliki halaman simple backround putih dan menampilkan list list hasil pencarian. Nah kita dapat menyimpulkan sistem informasi mengedepankan penuntasan permasalahan yang di butuhkan. Bukan mengedepankan desain, bahasa pemrograman, dll. Ketika kita ingin menggunakan bahasa pemrograman atau framework, desain yang cetar membahana, kita juga harus menganalisis apakah hal itu benar benar dibutuhkan oleh pembeli sistem informasi yang kita buat (user).

Terkadang kita terfokus pada desain yang keren namun lupa memperhatikan ketuntasan pemenuhan kebutuhan pengguna sistem. Ini berdasarkan pengalaman yang saya rasakan ketika client saya meminta sistem informasi nya dibuatkan oleh saya. Karena sistem yang dipakai belibet. Setelah saya periksa sistem yang lama tersebut sangat keren dari sisi tampilan. Namun sayang membuat user kesana kemari. Semua dibuat sesuai alur yang dipelajari di kampus kampus. Harus input ini, harus input itu dulu. Sementara user ingin satu layar bisa melakukan banyak hal secara simple tanpa harus reload kemana mana.

Barangkali pengalaman saya ini bisa dijadikan pelajaran oleh teman-teman agar mulai berfikir simple. Mengutip Kata kata Steve Jobs

“Simple can be harder than complex: You have to work hard to get your thinking clean to make it simple. But it’s worth it in the end because once you get there, you can move mountains.”

Simple bisa jadi lebih sulit daripada rumit: Anda harus kerja keras membersihkan pikiran untuk membuatnya simple. Namun hal itu sangat berharga karena jika Anda dapat melakukannya, Anda dapat memindahkan gunung-gunung.

Ya kurang lebih seperti itu artinya. Hehe.

End Intermezzo / Akhir Selingan

Baik kita lanjut ke bagian belajar membuat sistem informasi bagian 4. Sebelum lanjut ke bagian 4 ini. Saya sudah menjelaskan bagaimana struktur sebuah sistem informasi berbasis web. Kita juga sudah belajar membuat halaman admin.

Syarat :

Sudah Menginstall Aplikasi XAMPP (Pastikan Aplikasi XAMPP Sudah Berjalan)

Target :
Bisa Membuat Database dan Tabel Database

Setelah belajar membuat database mysql ini, kita akan mengkoneksikan desain admin yang kita buat pada Belajar Membuat Sistem informasi Part 3 ke database yang kita buat disini.

Materi Belajar Sistem Informasi Bagian 4 :

1. Membuat Database
2. Membuat Tabel
3. Modifikasi Tabel (Insert Data, Edit Data, Deleta Data)

1. Membuat Database

a. Akses phpmyadmin di browser (http://localhost/phpmyadmin)

b. Buat Database Bernama “belajar_phpTanpa petik Lalu klik Create

2. Membuat Tabel

a. Kita akan membuat tabel barang dengan nama tbl_barang dengan 4 Kolom
Selum membuat database kita harus select database terlebih dahulu dengan memastikan bahwa di bagian atas sudah ada Database : belajar_php
Di sebelah kiri yang diselect/diklik adalah belajar_php
Jangan sampai yang aktif adalah database lain karena tabel akan berada pada database lain. Jadi kita harus pastikan kita sedang membuat tabel di database belajar_php

Lihat gambar :

Lalu Klik Tombol GO pada pojok kanan bawah.

Ingat :

Di dalam Database Ada Tabel-Tabel, Di Dalam Tabel Ada Field dan Record

Database – Tables – Fields & Records

C. Setelah Tabel Jadi silahkan isi struktur tabel seperti berikut lalu klik Save

setelah struktur database jadi kita harus menetapkan PRIMARY KEY pada struktur tabel seperti berikut (Klik link bernama primary :

Maka akan muncul tanda kunci jika berhasil pada FIELD kode_barang

Maka tabel berhasil dibuat. selanjutnya kita akan mengisi data tabelnya.

3. Modifikasi Tabel (Insert Data, Edit Data, Deleta Data)

Klik insert pada menu atas.

Isi data sesuai gambar lalu klik go.

Lakukan ini berulang hingga tabel database memiliki beberapa data (Records)

Anda dapat melakukan edit data dan hapus data dengan menekan tombol edit dan delete seperti gambar berikut :

Edit data dapat dilakukan dengan mudah seperti insert data.

Untuk Delete Anda cukup mengklik delete di bagian data maka akan keluar confirm lalu tekan ok

Demikian lah tutorial singkat mengenai cara membuat dan modifikasi tabel database. Semoga Bermanfaat. Sampai Ketemu di artikel Slanjutnya di Belajar Sistem Informasi Php Part 5.

Untuk anda yang ingin bertanya silahkan komen ya

Terimakasih. Jika ada yang ditanyakan jangan lupa komentar. Semoga bermanfaat

Related posts

Leave a Comment